Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Wedding Organizer (WO)

0

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Wedding Organizer (WO)

Anda berencana menggunakan jasa Wedding Organizer dalam acara pernikahan anda?

memilih Wedding Organizer (WO)

Sumber : Thepotomoto Photography

Sebelum anda menandatangani perjanjian kerja dengan Wedding Organizer anda, pastikan anda sudah melakukan hal yang harus diperhatikan dalam memilih Wedding Organizer (WO) di bawah ini :

1. Do Your Homework

Sumber : pvschools.net

Sumber : pvschools.net

Anda memiliki pekerjaan rumah yang harus anda lakukan sebelum memilih Wedding Organizer (WO). Buat list atau daftar beberapa Wedding Organizer yang anda dapat dari teman/saudara ataupun dari internet dan periksa foto-foto hasil project terbaru mereka di website dan social media-nya. Hal ini akan membantu anda dalam mempersempit daftar pilihan anda. Perhatikan elemen-elemen dan gaya dari hasil project mereka dan putuskan jika anda menyukainya. Jika semua pernikahan yang dikerjakan terlihat terlalu mewah atau glamour, dan sedangkan yang anda cari ialah pernikahan yang simpel dan intim, itu mungkin bukan WO yang tepat untuk anda. Selain itu, anda juga harus mencari informasi tentang jenis jasa perencanaan yang tersedia, vendor yang sudah pernah bekerja sama dengan mereka, penghargaan yang pernah didapat, ataupun keanggotaan dalam asosiasi profesional seperti Association of Bridal Consultants.

2. Call Your Favorites

Sumber : www.cbc.ca

Sumber : www.cbc.ca

Hal kedua yang harus anda lakukan sebelum memilih Wedding Organizer (WO) adalah menghubungi top 3 atau top 5 dari daftar anda dan konfirmasi hal-hal mengenai,

  • Jenis jasa Wedding Organizer yang ditawarkan
  • Nama-nama vendor pernikahan yang pernah bekerja sama
  • Ketersediaan tanggal pernikahan
  • Rate atau harga jasa. (minta kisaran harga mereka dan juga range biaya perencanaan pernikahan yang pernah dibuat.

Jika jawaban dari Wedding Organizer tersebut sesuai dengan anggaran anda dan visi anda, buatlah janji untuk bertemu dengan mereka.

3. Prepare for Your First Meeting

Sumber : eventkeeper.com

Sumber : eventkeeper.com

Siapkan majalah dan semua sumber inspirasi anda saat anda menemui Wedding Organizer yang berpotensi menjadi partner anda dalam menyiapkan pesta pernikahan anda nanti. Pada pertemuan pertama itu, tentunya anda ingin menyamakan kualitas pernikahan-pernikahan yang telah mereka buat dengan ekspetasi anda. Mintalah Wedding Organizer tersebut mempresentasikan hasil project terkini mereka dan telitilah portofolio-nya. Sambil mendengarkan, tentu anda dapat sekaligus menilai kepribadian atau sikap mereka untuk mengetahui bahwa benarkah Wedding Organizer itu yang tepat untuk berkerja sama dengan anda selama beberapa bulan dalam satu waktu. Jangan ragu juga untuk menyuarakan ide-ide anda tentang gaya dan warna favorit anda. Dan lihatlah bagaimana cara mereka merespon. Seharusnya mereka akan sangat antusias mendengar ide atau pendapat anda. Lalu tanya bagaimana cara mereka bekerja sebagai Wedding Organizer untuk menyamakan visi dengan anda dan membuat hal itu menjadi lebih baik. Seorang Wedding Organizer yang baik harus dapat menjadi pendengar dan peka terhadap kebutuhan pasangan pengantin dalam pernikahan yang unik dan tidak mudah dilupakan.

4. Call Refrences

Sumber : seo-hacker.com

Sumber : seo-hacker.com

Jangan terlalu terburu-buru untuk memilih Wedding Organizer (WO). Anda tidak perlu memutuskan Wedding Organizer mana yang anda pakai jasanya saat pertemuan pertama. Pastikan anda mencatat dan membandingkan hasil pertemuan anda dengan top 3/top 5 dari list yang sudah anda buat. Hubungi refrensi Wedding Organizer anda yang lain, dan pastikan mengenai hal berikut:

  • Seberapa dekat harga atau rate Wedding Organizer dengan budget anda.
  • Minta portfolio mereka melalui e-mail dan bandingkan portfolio mereka yang anda terima dengan hasil pencarian anda di google. Penting bagi anda untuk mencari sendiri hasil project mereka, karena biasanya yang mereka kirim langsung ke calon klien adalah sudah pasti hasil yang terbaik.
  • Seberapa baik mereka menginterpretasikan ide-ide dan keinginan anda.
  • Apakah gaya pernikahan yang mereka buat sesuai dengan gaya anda.
  • Apa yang mereka urus untuk anda (misalnya, vendor meeting, daftar tamu dan lain-lain)
  • Apakah mereka memiliki rekomendasi vendor yang baik dan apakah mereka dapat berkoordinasi juga dengan vendor lain.
  • Apakah respon mereka cepat untuk telepon ataupun e-mail
  • Jika terjadi suatu kesalahan, bagaimana cara mereka mengatasi hal itu.

5. Set the Deal!

Sumber : filmmakeriq.com

Sumber : filmmakeriq.com

Setelah anda mendapat informasi lengkap yang anda butuhkan dari Wedding Organizerbandingkan harga, kualitas dan jika disediakan, mintalah proposal formal (beberapa Wedding Organizer mungkin menyusun visi mereka secara keseluruhan untuk pernikahan anda dalam bentuk proposal , yang kemudian akan bekerja sebagai dasar untuk kontrak). Setelah anda menemukan satu Wedding Organizer yang akan anda pakai, hubungi mereka segera dan ungkapkanlah keinginan anda yang ingin memilih Wedding Organizer (WO) tersebut dan minta mereka untuk menyiapkan kontrak atau perjanjian kerjasama.

Begitu anda menandatangani kontrak dan membayar DP, you’ll have your right-hand woman (or man) secured! ??

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.